• Jelajahi

    Copyright © Media Pamor News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    MEDIAPAMORNEWS.COM

    Selamat Datang di MEDIAPAMORNEWS.COM ➤ Tegas - Berimbang - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MEDIAPAMORNEWS.COM dilengkapi ID CARD WARTAWAN. Kami Adalah Penyaji Referensi Berita Terpercaya - Terimakasih.

    Polres Pelabuhan Belawan dan RS Prima Husada Cipta Bekerjasa Satu Tujuan dalam Melayani Pelayanan Kesehatan Masyarakat

    Sabtu, September 16, 2023 WIB Last Updated 2023-09-16T10:11:37Z




    MediaPamorNews - Medan

    RS Prima Husada Cipta Medan bergandengan bersama Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan, Medan, menjalankan langkah sinergi dalam pelayanan masyarakat. Sinergi tersebut diwujudkan dalam bentuk penanganan pencegahan stunting serta pelayanan visum korban asusila.


    Sinergi ini dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman yang telah ditandatangani pihak RS Prima Husada Cipta Medan diwakili oleh Plt. Kepala Rumah Sakit, dr.Syafril Armansyah, MKM, dan pihak Polres Pelabuhan Belawan diwakili oleh Kapolres Pelabuhan Belawan, Ajun Komisaris Besar Josua Tampubolon, S.H., M.H.. Penandatanganan ini dilakukan pada Sabtu (16/9/23), di Belawan, Medan, Sumatera Utara.


    Stunting atau hambatan perkembangan pada anak akibat faktor gizi dan multidimensi adalah masalah besar yang mengancam bangsa. Dalam sinergitas ini, Polres Pelabuhan Belawan akan membantu pencegahan dan penanganan stunting. Stunting sendiri adalah masalah luar biasa yang menjadi perhatian nasional, di mana tanggung jawab pemberantasannya telah diinstruksikan presiden untuk dilakukan seluruh lapisan masyarakat dan instansi-instansi terkait.


    Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menargetkan angka prevalansi stunting di Indonesia hanya 14% pada tahun 2024. Sementara per Januari 2023, angka prevalansi stunting di Kota Medan masih mencapai 21%. Hal ini tentu perlu jadi perhatian.


    RS Prima Husada Cipta Medan yang berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan tentunya turut aktif melakukan langkah-langkah pencegahan stunting. Sebagai pelayan masyarakat, Polres Pelabuhan Belawan juga turut serta menggalakkan pencegahan stunting. Dengan sinergi ini, langkah-langkah pemberantasan stunting tentunya lebih maksimal dan merata terutama menyasar masyarakat Medan Utara. Terlebih pihak kepolisian adalah salah satu instansi pelayanan terdekat dengan masyarakat.


    Polres Pelabuhan Belawan pun menggandeng RS Prima Husada Cipta Medan untuk menegakkan hukum. Dalam hal ini, RS Prima Husada Cipta Medan akan bekerja sama dengan pihak Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan visum dan penanganan korban asusila.


    Pelaksanaan visum menjadi hal penting untuk menyuarakan hak-hak korban dan menegakkan keadilan. Terlebih korban tindak asusila atau korban cabul kerap memilih untuk diam karena ketakutan melapor dan tidak memiliki akses melakukan visum. Sinergitas bersama RS Prima Husada Cipta Medan ini memastikan korban mendapatkan pelayanan visum oleh tenaga medis profesional dan tersumpah dalam menjaga kerahasiaan medis sebagaimana yang tertuang dalam perundangan.

    Senior Vice President Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan, Devi Windari, M.HUM, CPR, CCM menyatakan bahwa sinergitas ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya Medan Utara yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 


    “Kami menyambut baik kerjasama ini dan sebagai fasilitas layanan kesehatan akan memastikan layanan yang kami berikan baik untuk penanganan stunting dan visum adalah pelayanan yang terbaik dan dapat dipertanggung  jawabkan", ujar Plt. Kepala Rumah Sakit, dr. Syafril Armansyah, MKM.


    “Kolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat khususnya anak stunting dan percepatan hasil visum dalam rangka pengungkapan kekerasan seksual korban anak dibawah umur,” tambah Kapolres Pelabuhan Belawan, Ajun Komisaris Besar Josua Tampubolon S.H., M.H.


    Harapan ke depannya, dengan sinergi RS Prima Husada Cipta Medan dan Polres Pelabuhan Belawan, pelayanan terhadap masyarakat pun semakin optimal. Baik dari sisi pencegahan dan penanganan stunting, serta menegakkan keadilan untuk korban tindak asusila.

    (Red/RN)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini